Apa dan Bagaimana Mining Bitcoin itu?

Kegiatan menambang Bitcoin merupakan salah satu kegiatan untuk mendapatkan Bitcoin. Tindakan atau kegiatan ini adalah legal dan dilakukan dengan menjalankan proses verifikasi hash SHA256 ronde berganda untuk memvalidasi transaksi Bitcoin dan membentuk keamanan yang menjadi syarat bagi buku besar (ledger) umum dalam jaringan Bitcoin. Kecepatan menambang Bitcoin diukur dalam hash per detik.



Ketika transaksi Bitcoin diproses di jaringan Bitcoin itu artinya Bitcoin sedang dipindah dari satu orang ke orang lain, seseorang perlu memastikan bahwa semua transaksi telah direkam dengan benar dan sistem kas telah tersinkronisasi di seluruh dunia.

Dalam hal Bitcoin, proses ini bukan dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan, namun oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Komputer ini dikenal sebagai miners atau 'penambang'. Secara sederhana, mereka adalah 'komputer yang memproses transaksi'.

Baca jugaCara Mendapatkan Bitcoin Gratis dari Moon Bitcoin

Untuk melakukan pemrosesan ini dengan cara yang aman, komputer-komputer perlu melakukan kalkulasi kompleks yang memakan usaha computing yang sangat besar, sehingga dibutuhkan juga energi yang besar serta alat-alat khusus yang canggih. Seseorang pemilik dari komputer-komputer ini perlu membayar untuk alat-alat dan listrik tersebut, jadi mereka harus mendapatkan kompensasi dari seluruh usaha dan uang yang mereka habiskan untuk mendukung jaringan ini. Mereka mendapatkan kompensasi melalui Bitcoin yang baru ditambang. Bitcoin baru yang ditambang bertindak sebagai penghargaan dan insentif untuk mereka yang berkontribusi untuk sistem yang mendukung proses transaksi.

Cara lain untuk mengerti hal ini adalah dengan membayangkan apa yang terjadi jika bank besar membangun sistem pemrosesan transaksi global terbesar di dunia: mereka akan menghabiskan milyaran dollar lalu mengenakan biaya transaksi kecil pada para pengguna untuk menutup biaya pembangunan sistem.

Dengan Bitcoin mining, biaya untuk sistem global ini dibagi ke ribuan komputer, dan mereka menutup biaya mereka dengan Bitcoin yang baru ditambang. Singkat cerita, ini adalah demokratisasi infrastruktur finansial.

Baca juga: 5 Situs Mining Bitcoin 2019 Gratis Tanpa Deposit

Demikian penjelasan tentang apa dan bagaimana mining bitcoin itu, semoga membantu teman-teman. Terima kasih

0 Response to "Apa dan Bagaimana Mining Bitcoin itu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel